Bilingual Program, CoreKids School SD Pamardi Yuwana Bhakti

Penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa praktisi pendidikan dunia telah merubah wajah pendidikan dunia. Mereka berpendapat bahwa ada tiga tipe belajar utama yang  dimiliki oleh siswa pada umumnya yaitu model Visual (melihat dan membaca), Auditory (mendengar dan berbicara), dan Kinesthetic (menyentuh dan melakukan).Mereka juga berasumsi bahwa suatu proses pendidikan akan berhasil jika metode pendidikan di sekolah mampu mengakomodasi siswa dengan tipe yang berbeda tersebut.

Globalisasi dunia modern juga telah membuka kesempatan bagi setiap negara untuk menjadi bagian dalam masyarakat dunia. Selain itu kemajuan teknologi juga memungkinkan setiap anggota dari masyarakat dunia untuk bertukar informasi. Hal ini semakin mempercepat perubahan dunia pendidikan. Pendidik dihadapkan pada tuntutan untuk mampu mencetak generasi muda yang siap untuk menjadi bagian dari masyarakat dunia yang global. Banyak aspek yang harus dikembangkan dalam proses pendidikan salah satunya adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Internasional seperti bahasa Inggris, Mandarin,Jepang dan sebagainya.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang telah berdiri selama 28 tahun, CoreKids School SD Pamardi Yuwana Bhakti mencoba untuk mengikuti perkembangan dalam dunia pendidikan tersebut dengan melaksanakan program bilingual untuk mata pelajaran Science dan Mathematics sejak tahun pelajaran 2007/2008. Dalam program ini siswa memperoleh kesempatan untuk memahami pelajaran Science dan Mathematics dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Melalui program ini, siswa diharapkan dapat semakin terbantu dalam mengembangkan kemampuan mengapresiasikan pikiran mereka dalam bahasa Inggris.

Untuk memenuhi harapan tersebut siswa harus ditempatkan sebagai pusat dari keseluruhan proses belajar mengajar. Mereka harus aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan metode pengajaran yang cukup bervariasi (experiments, movie class, dan classroom games) siswa diharapkan dapat menguasai materi yang diberikan secara lebih maksimal. Merupakan tantangan tersendiri pada awalnya untuk memulai kelas bilingual ini terutama mengingat ada sebagian siswa kelas I yang belum bisa membaca. Tim Guru menyadari bahwa setiap langkah awal tentu tidak lepas dari hambatan dan keraguan. Tetapi dengan pola pikir yang positif, kami yakin kelak ( someday, somehow ) anak-anak akan memetik manfaat dari setiap hal yang mereka alami dalam proses belajar di sekolah. Dukungan dan partisipasi aktif orang tua di rumah juga akan sangat membantu tercapainya keberhasilan bagi anak-anak kita.

Ordinal Numbers

Ordinal Numbers

Who’s the fifth?

Who’s the fifth?

Is it a rectangle ?

Is it a rectangle ?

About these ads
This entry was posted in School Information. Bookmark the permalink.

2 Responses to Bilingual Program, CoreKids School SD Pamardi Yuwana Bhakti

  1. Grace Aditya Dewi says:

    Dear SDK Parmardi,

    Saya membutuhkan informasi lengkap mengenai sekolah anda. Apakah sekolah ini adalah sekolah Katholik yang menggunakan sistem bilingual? Apakah mata pelajaran science dan math totally in english? Apakah bahasa pengantar juga dalam bahasa inggris? Adakah peta lokasi dari sekolah anda yang bisa saya dapatkan? Apakah sudah membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2012? Berapa total biaya masuk SD dan bagaimana perinciannya?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas waktu dan informasi yang diberikan.

    Salam,
    Grace

    • CoreKids School SD PYB adalah sekolah Katholik yang dikelola oleh awam ( bukan kaum tertahbis / pastor / biarawan / biarawati ). Kami tidak pernah mengklaim 100% sebagai sekolah dengan sistem bilingual. Hanya saja, jam pelajaran Bahasa Inggris yang diberikan adalah 6 jam pelajaran per minggu ( standar pemerintah adalah 2 jam pelajaran ), dengan menggunakan buku-buku terbitan Singapura ( Seri My Pals are Here – International Edition dan buku grammar yang ditulis oleh penulis dari India ). Selain itu kami berikan juga pelajaran Bahasa Mandarin dan Science serta Maths. Pelajaran Science dan Maths diberikan dengan pengantar 80 % – 100 % bahasa Inggris oleh guru-guru lulusan Universitas Katholik Atmajaya, UI dan UNJ (IKIP Jakarta )Buku pegangan siswa ditulis oleh penulis dari Singapura dan soal-soal tes juga ditulis dalam Bahasa Inggris. Masing-masing pelajaran tsb di atas diberikan sebanyak 2 jam pelajaran per minggu. Topik-topik yang dibahas dalam Science dan Maths tetap terkait dengan kurikulum nasional mata pelajaran Matematika dan IPA. Mata pelajaran Matematika dan IPA tetap diberikan dengan pengantar Bahasa Indonesia.
      Bila putra/putri ibu melanjutkan ke SMP Pamardi Yuwana Bhakti, akan diberikan juga mata pelajaran TOEFL Preparation dengan target skor 450. Rentang pencapaian skor TOEFL lulusan PYB selama ini berkisar 420 – 570.
      Pendaftaran untuk tahun ajaran 2012 sudah dibuka. Biaya sumbangan dana pendidikan untuk tingkat SD di bulan November adalah Rp 5.050.000,- sampai Rp 6.000.000,- di bulan Mei / Juli. Adapun perkiraan biaya untuk buku-buku dan seragam sekolah adalah Rp 1.200.000,-
      Uang sekolah perbulan akan ditentukan di bulan Juli 2012. Sebagai gambaran, untuk tahun ajaran 2011-2012 uang sekolah siswa kelas 1 adalah Rp 515.000. Perkiraan kenaikan uang sekolah per tahun adalah 10 – 20 %.
      Demikian penjelasan kami. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, dengan senang hati kami akan menjawabnya. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s